Sabtu, 25 Mei 2013

Tips Mengatur Pola Makan Yang Baik dan Benar

Pola  Makan harus diatur sebaik mungkin



Makan, makan, makan. Ya mungkin bagi sebagian besar orang adalah kegiatan yang menyenangkan, karena selain bisa menikmati berbagai jenis makanan yang lezat juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita. Dan penyebab utama untuk makan adalah " Lapar ", benarkah itu ?

Lapar adalah mekanisme pelindung diri yang membuat tubuh anda mendapatkan bahan bakar yang diperlukan untuk dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan nafsu makan adalah adanya keinginan untuk makan sesuatu yang disebabkan reaksi sensoris atau fisiologi, seperti mencium dan melihat makanan yang lezat. Inilah yang membuat respon fisiologs terangsang dan tidak terkontrol, seperti timbulnya air liur, dan keinginan untuk makan padahal tidak lapar.

Ketika anda merasa lapar anda akan makan satu porsi piring nasi goreng . Karena nafsu makan anda akan digiring untuk menambah satu piring lagi karena anda merasa ketagihan enak, padahal tidak lapar. Jika dibiarkan nafsu makan yang besar akan mengganggu kesehatan. Berikut ada beberapa langkah untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih.

  1. Konsumsi makanan dengan kombinasi karbohidrat kompleks, tetapi tetap rendah lemak (low fat). Lemak tetap diperlukan untuk merangsang hormon leptin yang berfungsi mengontrol nafsu makan, tetapi tidak sampai berelbihan.
  2. Prbnyk knsumsi mknan yang mengandung serat seperti sayur dan buah. Tidak hanya baik mmbantu menurunkan nafsu makan, maknan kaya serat juga kaya air sehingga membantu anda tetap merasa kenyang.
  3. Konsumsi kedelai dan kacang-kacangan yang lain dalam porsi terkontrol. Selain tinggi protein, kedelai mengandung lemak dan karbohidrat yangg cukup sehingga mampu mengontrol nafsu makan lebih baik daripada sebgian besar sumber nabati lain.
  4. Makan dengan perlahan. Otak memerlukan waktu paling tidak 20 menit untuk merasa kenyang. Oleh karena itu, dengan makan secara perlahan, saat otak menerima sinyal bahwa lambung telah penuh terisi, lebih kecil kemungkinan anda makan berlebihan.
Demikian jika anda melakukannya dengan rutin maka kesehatan tubuh anda akan terus terjaga dan terhindar dari segala macam penyakit. Sehingga anda juga tidak perlu minum banyak obat hanya sekedar untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit anda.

Selamat mencoba

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, jika anda suka silahkan bagikan ke teman anda baik di FB, Twitter ataupun G+ dan media sosial lainnya.