Rabu, 01 Mei 2013

Teknologi Hijau Daihatsu Harapan Masa Depan Bumi Kita



Kekeringan Bumi kita

 
Teman dunia yang kita tinggali ini semakin lama semakin menua, sekarat dan sering batuk-batuk dan sakit-sakitan. Ya segala sesuatu yang ada di dunia kita ini serba terbatas, kalau kita tidak pandai menghematnya maka semua itu akan punah musnah tak tersisa. Kemajuan teknologi yang super canggih saat ini sangat memungkinkan manusia lebih banyak membutuhkan sumber daya energy dari alam sekitar kita ini. Dan dengan kemampuan yang dimiliki manusia saat ini, dengan begitu mudah bumi dieksploitasi atau dikeruk kekayaan alamnya hingga benar-benar pada titik batas yang sangat mengkhawatirkan.

Mungkin teman-teman tidak asing lagi dengan yang namanya sumber daya alam ( SDA ), yang dari SD dulu sudah diajarkan oleh guru-guru kita. Para beliau mengajarkan pada ilmu Geografi bahwa Sumber Daya Alam secara garis besar ada 2 macam, yaitu sumber daya Alam tak terbarukan dan Sumber Daya Alam  terbarukan. ( teman bisa lihat Gambar dibawah, hasil coretan manual saya . Bagus kan ? heehee )

SDA terbarukan dan tak terbarukan

 Yang pertama Sumber Daya Alam tak terbarukan adalah sumber daya alam yang berasal dari Fosil atau tambang. Sumber Daya Alam yang berasal dari Fosil merupakan masih Sumber daya / Energi primadona saat ini, kenapa demikian ? Ya karena Proses pengambilannya bisa secara missal bisa jutaan atau bahkan ratusan juta metric ton per tahun apabila seluruh kilang minyak di seantero bumi ini dieksploitasi. Dan dengan demikian baik para pengusaha maupun konsumen tidak harus menunggu energy tersebut terbarukan yang bisa memakan waktu yang lama.

Tetapi kebanyakan mereka tidak sadar kalau energy tersebut lama kelamaan akan habis dan punah, selain itu energy fosil ini menghasilkan polutan yaitu sejenis gas yang berbahaya atau CO2 ( Gas rumah kaca)  bagi kesehatan seperti penyakit pernafasan, batuk hingga kanker paru-paru dan juga akan mengakibatkan atmosfir kita mengalami kebocoran yang mengakibatkan tembusnya radiasi Matahari yaitu Ultraviolet , sejenis radiasi yang berbahaya bagi kulit manusia bila terkena langsung paparan ini tanpa penghalang bumi kita atmosfir. Sehingga tingkat bahaya dari radiasi sinar matahari tersebut semakin mengkhawatirkan, selain itu juga akan memicu pemanasan global yang saat ini benar-benar nyata terjadi. Dimana kondisi cuaca tidak menentu terutama di Negara kita, antara musim penghujan dan kemarau tidak bisa ditentukan waktunya.


Pertambangan yang sudah parah


 Bahkan kondisi air laut pun semakin mengkhawatirkan, semakin tinggi permukaan dan semakin banyak biota laut yang musnah juga banyaknya terjadi rob atau pengikisan daratan akibat meluapnya debit air laut.



Banjir Rob akibat laut meluap


Yang kedua Sumber Daya Alam terbarukan atau istilah kerennya adalah Green Source Energy atau Energi yang Hijau dan ramah lingkungan. Dari melihat gambar skema sederhana di atas kita bisa memanfaatkan teknologi air untuk membangkitkan Turbin yang kemudian menggerakkan Dinamo yang menghasilkan Listrik, listrik bisa untuk keperluan sehari-hari. Kita tidak bisa lepas dari kebutuhan listrik itu, mulai dari penerangan, kebutuhan memasak, hanphone untuk komunikasi hingga untuk kendaraan bermotor.

Air adalah kekuatan alam yang bisa terjaga dengan banyaknya pohon yang rindang, pohon yang rindang menyimpan banyak persediaan air dan juga menjaga kestabilan ekosistem. Tanpa pohon air akan kering ketika kemarau dan akan berakibat banjir bandang ketika musim hujan tiba, karena tidak adanya yang meresap air berlebih tersebut, dan pereseap terbaik adalah pohon, maka marilah tanam pohon sebanyak-banyaknya.


Banjir Bandang akibat hutan rusak

Bagaimana caranya agar bumi kita tetap terjaga kelestariannya alias Go Green dan hijau selalu ? teman-teman bisa melakukan beberapa cara yang sering saya lakukan, cara ini saya yakin membuat tubuh anda sehat.

Tanam Pohon untuk penghijauan

Cara ini adalah cara yang paling efektif, efisien murah dan menyehatkan. Agar lingkungan kita menjadi sejuk dengan seimbangnya prduksi oksigen dengan semakin maraknya produksi CO2. Teman-teman cukup menanam di sekitar lingkungan, mulai depan atau pekarangan rumah, bisa ditanami pohon berbuah dan juga tanaman hias yang rindang. Dengan demikian lingkungan kita terhindar dari pencemaran udara dan menjadi Hijau.


Tanam pohon agar GOO GREEN


Berjalan Kaki

Ketika anda menempuh jarak yang tidak begitu jauh atau tidak dalam kondisi terdesak waktu, perbanyaklah berjalan kaki. Menurut penelitian di Negeri paman sam sana, selain menyehatkan berjalan kaki juga membuat otak kita lebih fresh dan bisa membuat kita cerdas terutama anak-anak. Dan memang saya sedari kecil selalu berjalan kaki ketika menempuh perjalanan ke sekolah yang jaraknya sekitar 2KM. Dan alhasil saya termasuk 3 besar di Kelas dari kelas 1 sampai kelas 3 SMP.


Walking Make Healthy

Berkendara dengan sepeda

Jika jarak tempuhnya tidak memungkinkan untuk berjalan kaki, dan kita masih bisa menempuhnya dengan naik sepeda kenapa tidak ? kita bisa menghemat biaya sehingga kantong kita juga menjadi hijau kan? Juga yang jelas akan membuat kita sehat terhindar dari pengeroposan tulang, nyeri sendi dan terhindar dari penyakit kanker tulang dan lain sebagainya yang diakibatkan karena kurang gerak. Selain itu bersepeda mustahil menghasilkan gas buang yang mengakibatkan polusi yang tidak baik bagi kesehatan anda.

Biking make me Healthy too

Berkendara dengan kendaraan Hijau

Kondisi saat ini sepertinya tidak memungkinkan menempuh perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda atau kendaraan tanpa mesin. Tapi anda harus benar-benar pandai memilih jenis kendaraan bermotor yang benar-benar ramah lingkungan. Saya sendiri adalah keluarga yang memiliki lebih dari 2 anak, sehingga pilihannya adalah kendaraan roda empat dengan teknologi ramah lingkungan dan juga terjangkau atau istilahnya LCGC ( Low Cost Green Car ). Salah satu produsen Mobil yang terkenal sedang gencar mengkampanyekan mobil hijaunya adalah Daihatsu.

Dari segi material Daihatsu terkenal hemat material dalam bahasa Jepangnya Budomari ( No waste ) atau meski ada waste tapi presentasinya kecil. Dengan demikian penggunaan material pada mobil jadi minimal dan ringan, sehingga bobot mobil Daihatsu tidak seberat kebanyakan mobil lainnya. Selain itu Daihatsu menggunakan mesin dengan kapasitas yang memadai, artinya Kapasitas mesin yang ramah lingkungan alias hemat energy. Dengan hemat energy berarti hemat bahan bakar dan bisa mengurangi polusi lingkungan yang sekarang semakin memprihatinkan. Mobil hemat energy produksi Daihatsu diantaranya Mira es, Tanto dan Move.


Prototype Kendaraan Teknologi Hijau Daihatsu



Sekilas tentang Ayla

Ayla adalah mobil besutan Daihatsu yang mengusung konsep dan design anak negeri, ditujukan untuk memenuhi standar LCGC ( Low Cost Green Car ) yang merupakan program pemerintah untuk membudayakan mobil city Car yang ramah lingkungan juga hemat energy. Ayla merupakan saudara kembar Agya yang mengusung mesin berkapasitas 1000cc, yang digadang-gadang irit konsumsi bahan bakar. Bahkan secara design kabinnya lebih lega daripada rivalnya yang sudah lahir terlebih dahulu seperti Mitsubishi Mirage, Honda Brio dan Nissan March.

Tampilan Dinamis Daihatsu Ayla
Mesin Ayla
Interior Ayla
Kelebihan Mobil produksi Daihatsu adalah karena mengusung 3 keunggulan teknologi, yang membuatnya layak menyandang Mobil berteknologi Hijau. Yang dengan kecanggihannya itu Daihatsu benar-benar mengerti kebutuhan masyarakat modern saat ini, 3 keunggulan tersebut yakni :

ECO Bagan, Teknologi Smart Daihatsu


Tahap  pertama yaitu Eco-IDLE

Daihatsu akan menerapkan Eco-Idle dan i-EGR. Eco-Idle adalah suatu sistem yang mampu mengatur hidup dan mati mesin kendaraan secara otomatis dalam keadaan lalu lintas macet untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien. misalnya dengan Eco-Idle, mesin kendaraan akan mati dengan sendirinya jika kecepatan kendaraan di bawah 7 km/jam. Nah ini dia mobil yang benar-benar cocok bagi warga Indonesia yang kebanyakan sibuk di kota Megapolitan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Kota besar lainnya. Dimana para pengendara yang terjebak macet sehari-harinya akan merasa tertolong, dan bak menemukan oase di tengah padang pasir.

Dan selanjutnya dibekali dengan sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan menghasilkan emisi gas CO2 yang rendah. Aplikasi system EGR secara prinsip adalah mengurangi emisi Nitrogen Oxide (NOx) , EGR bekerja dengan sirkulasi kembali sebagian gas buang mesin menuju silinder mesin.


Tahap Kedua Menggunakan Mesin 2 Silinder

Daihatsu ingin menghadirkan kenyamanan dalam berkendara bagi anda dan efisiensi bahan bakar, meskipun dengan mesin cc rendah melalui sistem turbocharger , Daihatsu juga menargetkan konsumsi bahan bakar hingga 35km/liter. Maka pada tahap kedua mobil teknologi hijau ini , Daihatsu akan membuat kendaraan semakin irit dengan pengurangan jumlah silinder mesin .

Daihatsu akan mengubah mesin 3 silinder menjadi mesin 2 silinder Turbocharged Direct Injection ( Silahkan lihat sketh hasil goresan saya ) untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam menghemat bahan bakar. Dengan active ignition system dan berbagai improvement lainnya maka akan didapat efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencapai 30% , seperti memberikan pengapian aktif dengan percikan bunga api multiplex yang diselaraskan dengan performa mesin kendaraan bila kecepatan rendah percikan bunga api yang keluar lebih kecil namun dalam kondisi kecepatan tinggi secara otomatis percikan bunga api yang keluar semakin besar dan menggunakan baterai dengan sistem penyimpanan kelistrikan lebih besar.


Tahap ketiga yaitu Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PmfLFC)

Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PmfLFC) yaitu pengembangan rekayasa sel bahan bakar alias fuel cell. Pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini merupakan wujud kendaraan yang ramah lingkungan. Bahan baku pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah. 

Daihatsu saat ini tengah mengembangkan metoda baru cara menyimpan hidrogen dan bahan bakar cair yang disebut dengan Hidrazin Hidrat (pencampuran hidrogen, nitrogen dan air). Zat Hidrazin Hidrat menjadi fokus pada proses ini dalam hal penggunaan bahan bakar cair baru karena zat ini memiliki kepadatan yang energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Hidrazin Hidrat merupakan bahan bakar cair yang tepat untuk kendaraan ramah lingkungan generasi terbaru.


Dengan ketiga tahapan teknologi hijau tersebut Daihatsu benar-benar ingin menghijaukan bumi kita umumnya, khususnya agar para pengendara benar-benar peduli akan lingkungannya. Daihatsu mengembangkan Teknologi yang bukan hanya Green tapi Juga renewed atau terbarukan, yang artinya bisa berkelanjutan tanpa ada kekhawatiran energi itu habis seperti halnya energi yang berasal dari fosil. Dengan demikian ketika anda menggunakan Mobil produksi Daihatsu berarti anda benar telah mendukung penghijauan bagi bumi kita, Dengan Teknologi Hijau Daihatsu membuat harapan Bumi kita untuk lebih asri, nyaman, dan berumur panjang semakin besar. Terima kasih Daihatsu Innovasi mu telah membuat kami sadar akan kelestarian alam kami.

Referensi:
Image Daihatsu Ayla dari Kompasotomotif ( Ijin Copas ya boss )
Image Bumi kering dari mbah google.co.id
Image ECO Idle dari si empunya Kompetisi @daihatsuind
Image orang jalan, Sepede, ma Siklus SDA milik ane pribadi.
Image tanam pohon tuh juga dari mbah google.co.id
Image tambang dari smartmines.com
Image banjir Rob dari antarsumut.com
Sebagian besar tulisan dari informasi yang sudah tertanam di kepala saya, sisanya dari yang si empunya Kompetisi @daihatsuind

Mohon teman-teman jangan COPAS ya.

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

48 komentar:

  1. Ulasannya komplit bray.....setuju sekali Teknologi Hijau yg diusung Daihatsu demi bumi kita. Salam Hijau!

    mampir di pondok ane ya :)

    http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bray dah kunjung balik punya sampean juga keren.

      Hapus
  2. wah kreatif nih, salam kompetisi. dtunggu kunjngn baliknya. trims

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    BalasHapus
  3. stuju gan alfa, komplit artikelnya.. haha

    BalasHapus
  4. Berharap teknologi hijau membawa harapan bagi masa depan kita ya....
    Nice writing... :)

    BalasHapus
  5. mantapp bang... salam kompetesi ya...

    BalasHapus
  6. komplit plit plit! :)
    salam hijau!

    BalasHapus
  7. wow pembahasannya lengkap banget gan :))

    BalasHapus
  8. itu yang gambar dinosaurus buat ilustrasi SDA gambar sendiri tuh!
    kreatif banget lo! hahaha

    kunjungi blog gue juga ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok gan itu emang hasil coreetan saya. Ok saya meluncur .

      Hapus
  9. keren ulasannya. salam kompetisi!

    BalasHapus
  10. Good artikel ;)
    Bagaimana caranya untuk kembali menghijaukan bumi, tanpa mengurangi pengembangan teknologi. Teknologi dan lingkungan bisa berjalan beriringan ;p Teknologi Hijau itu solusi, bagaimana caranya, Daihatsu punya cara.

    Mampir juga ke tempat ane gan ;)
    http://cocoper6-cocoper6.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-ala-daihatsu_25.html

    Salam blogger

    COPER
    cocoper6@gmail.com
    http://cocoper6-cocoper6.blogspot.com
    http://cocoper6.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Mantap banget nih gan..

    http://rajartikel.blogspot.com/2013/04/tekhnologi-hijau-yang-unggul_30.html

    BalasHapus
  12. mari kita dukung teknologi hijau :)

    http://asikbelajar-tik.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-sama-dengan-menjaga.html

    BalasHapus
  13. salam kompetisi sehat gan.. jangan lupa mampir dan komen untuk menjadikan postingan menjadi lebih baik :) http://miqbltwkkl.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-teknologi-selamatkan.html

    BalasHapus
  14. Untuk mengembalikan bumi sehijau dulu butuh waktu dan kerja keras, dan peran dari banyak pihak,tidak ada kata terlambat untuk memulai.
    Jadilah pelopor gerakan Bumi sehat hijau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kang hasan, makasih dah mampir, nti mampir lagi ya.

      Hapus
  15. Balasan
    1. bner mba chalimi yang cantiik, ok saya segera meluncur, ke blog mba.
      http://bit.ly/12xTqPx

      Hapus
  16. terima kasih ats kunjungannya, punya ente juga keren gan.

    BalasHapus
  17. pinter gambar ya gan? Jadi keren reviewnya ditambahin gambar sendiri :D

    mampir sini juga ya http://mhdharis.blogdetik.com/2013/05/03/daihatsu-sahabatku-teknologi-hijau-sahabat-bumiku/

    BalasHapus
  18. mUdah-mUdahan dengan Teknologi Hijau Daihatsu membuat harapan Bumi kita untuk lebih asri, nyaman, dan berumur panjang semakin besar.
    aMiiiin yarobal alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kalau bukan kita siapa lagi yang peduli terhadap keberlangsungan bumi yang kita cintai ini. Daihatsu saja peduli.

      Hapus
  19. Wiiiy,keren banget ulasannya lengkap nan penuh dengan pengalaman..
    sukses ya mas Gan, masuk kandidat pemenang nih tampaknya, Amiiiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Y makasih, salam blogger, punya mba juga keren tuh.

      Hapus
  20. wow komplit dan detail ulasannya. setuju banget nih sama Daihatsu yang menerapkan teknologi hijau untuk kelestraian lingkungan.

    salam kenal, mampir ya di tulisanku http://windiland.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-penerapan-mobil-ramah.html

    BalasHapus
  21. bantu like tulisan saya yg judulnya : Hidup dengan teknologi hijau ya
    http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/listblog

    BalasHapus
  22. sippp.keren nih postingannya,,mampir juga ya gan :) ardirahman.blogdetik.com

    BalasHapus
  23. ikut lomba juga ya gan? Sukses ya..., postingannya bagus, komplit & keren
    salam kenal, mampir ya di tulisanku http://cindagadakara.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-cita-rasa-daihatsu.html

    BalasHapus
  24. Sudah saya voted mas mustopa. 17 Done By me

    BalasHapus
  25. informatif and edukatif mustopa. good job!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, jika anda suka silahkan bagikan ke teman anda baik di FB, Twitter ataupun G+ dan media sosial lainnya.