Jumat, 22 Maret 2013

Manfaat Buah Kelor untuk Kesehatan Anda


Dulu ketika saya punya pohon kelor di depan rumah banyak orang yang meminta mulai daunnya, batangnya, kulitnya bahkan sampai buahnya yang menyerupai kacang tapi lebih besar dan panjang. Bagi sebagian warga yang percaya batang kelor bisa digunakan untuk mengusir roh jahat, tapi tidak sedikit pula yang menggunakan daunnya untuk dibuat masakan sayur asam atau bening. Bahkan saya lebih menyukai buahnya yang bisa dimakan baik dengan cara direbus maupun dengan disayur asam. Ternyata buah daun kelor ini namanya kelentang dan bisa untuk kesehatan loh. Jadi selain terkenal dengan pepatahnya “ dunia ini tidak seluas daun Kelor “ ternyata buahnya juga memiliki khasiat yang luar biasa.

Seperti yang dikutip dari merdeka.com (20/02/2013 ), Salah satu sayuran sehat yang dapat Anda konsumsi sehari-hari adalah kelentang. Kelentang adalah buah kelor yang berbentuk segitiga memanjang. Sayuran ini menyediakan semua jenis manfaat gizi yang dibutuhkan tubuh dan juga menyembuhkan beragam penyakit. Berikut adalah rahasia kesehatan yang terkandung dalam kelentang, seperti dilansir Boldsky.

1. Melawan flu

Kelentang memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat menguatkan sistem imun. Sayur ini juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti asma, mengi dan masalah pernapasan lainnya.

2. Menguatkan tulang 

Sayuran hijau ini kaya akan zat besi, vitamin dan kalsium. Kelentang juga dipercaya dapat menguatkan tulang dan memurnikan darah. 

3. Baik untuk ibu hamil 

Bahkan, wanita hamil saja bisa mendapatkan manfaat dari sayur kelentang. Sayur ini dapat menghilangkan kelesuan, muntah dan pusing. Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa sayur kelentang dapat meringankan nyeri persalinan dan mengurangi komplikasi pasca-persalinan. 

4. Mencegah infeksi 

Kelentang memiliki sifat antibakteri dan bermanfaat dalam mencegah infeksi di tenggorokan, dada, dan kulit. Sayur ini juga dapat digunakan dalam mengobati infeksi jamur kulit lho.

5. Menyembuhkan penyakit perut 

Sayur kelentang juga dikenal ampuh dalam menyembuhkan penyakit lambung seperti diare, disentri, sakit kuning, dan kolera.

Ini adalah beberapa manfaat nutrisi dari sayur kelentang. Sertakan sayuran hijau ini ke dalam menu harian Anda untuk tetap menjaga kesehatan. Ingat, terkadang sesuatu yang sederhana punya manfaat luar biasa lho.

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

7 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda, jika anda suka silahkan bagikan ke teman anda baik di FB, Twitter ataupun G+ dan media sosial lainnya.