Kamis, 21 Maret 2013

Manfaat Air Kelapa Yang Luar Biasa bagi Kesehatan Anda


Sobat pernah dengar kan khasiat air kelapa? Yang sekarang jadi tren untuk kesehatan, bahkan dijadikan minuman kesehatan kemasan. Balik ke masa lalu ketika orang tua saya memiliki beberapa batang pohon kelapa, bisa dibilang dulu begitu mudah meminum air kelapa terutama kelapa muda. Ya dulu saya pandai memanjat kelapa bahkan yang tingginya mencapai 20 meter sekalipun, tapi karena sekarang jarang atau bahkan sudah tidak pernah memanjat untuk mencoba memanjat pohon kelapa yang tingginya 10 meter saja tidak berani.
Sekarang saya memiliki sebidang kebun yang ada pohon kelapanya sekitar 5 pohon, kalau ingin kelapa muda yang segar ya harus minta tolong yang biasa memanjat. Banyak animo masyarakat yang mengatakan kalau kelapa atau air kelapa muda terutama kelapa hijau itu berguna untuk memperbaiki hormon. Dulu ketika istri saya hamil banyak anjuran untuk meminum air kelapa muda terutama yang kelapa hijau.

Sebenarnya apa sih kegunaannya Sobat ? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Menghidrasi Tubuh
Air kelapa sangat baik diminum sebagai minuman isotonik untuk menggantikan ion tubuh yang hilang karena berbagai aktivitas. Air kelapa mengandung 5 macam komponen elektrolit penting tubuh yaitu kalium (potassium), magnesium, fosfor, kalsium, dan natrium (sodium). Air kelapa banyak digunakan untuk meringankan diare untuk menggantikan kehilangan cairan dari saluran gastrointestinal dan mengurangi kebutuhan terapi infus.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Penyakit
Air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-protozoa, sehingga meningkatkan daya tubuh terhadap penyakit yang disebabkan bakteri, jamur, dan protozoa tertentu.
3. Membantu Pencernaan
Air kelapa mengandung beberapa jenis enzim bioaktif seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, dan polimerase RNA, yang berperan mengatasi masalah pencernaan.
4. Membantu Mengatasi Masalah Kehamilan
Air kelapa dikenal sebagai obat alami bagi wanita hamil yang mengalami masalah asiditas, konstipasi, danheartburn.
5. Mengurangi Resiko Infeksi Saluran Kemih
Air kelapa memiliki sifat diuretik alami, sehingga membantu mengurangi resiko infeksi saluran kemih (urinary tract infection, UTI).
6. Meningkatkan Laju Metabolisma
Asam laurat yang terdapat dalam air kelapa membantu merangsang produksi hormon tiroid, sehingga meningkatkan laju metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi.
7. Menawar Racun
Air kelapa dikenal dapat menawar efek racun dari makanan maupun dari gigitan atau sengatan hewan. Memberikan air kelapa pada penderita kecarunan selama beberapa hari, akan mengeluarkan racun yang terlarut dalam darah.
8. Merawat Kulit
Air kelapa mengandung cytokinin (seperti kinetin dan trans-zeatin) yang merupakan bahan yang memiliki efek anti-aging.
9. Membantu Mengobati Batu Ginjal
Minum air kelapa membantu memecah batu ginjal sehingga dapat dikeluarkan melalui urin tanpa operasi. Kadang kala pengguna obat medis untuk memecah batu ginjal, tetap disarankan minum air kelapa untuk memecah batu ginjal.

Nah sudah tahu kan manfaatnya ? tidak usah menanam kelapa untuk mendapatkan air kelapa ya nanti baru 12 tahun bisa petik. Cukup anda beli di pasar tradisional atau daerah pantai yang banyak menjual kelapa kalau anda sedang berlibur di pantai.

Dari berbagai sumber

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya gan sangat membatu tuk menambah wawasan saya metsiang.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, jika anda suka silahkan bagikan ke teman anda baik di FB, Twitter ataupun G+ dan media sosial lainnya.