Kamis, 30 Mei 2013

Cara meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak sejak Dini




Assalmualaikum, Wr. Wb.

Bagaimana kabar sobat pagi ini ? Semoga semuanya sesuai harapan dan Ridho Allah SWT, karena baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, tapi baik menurut Allah sudah pasti adalah kebaikan bagi kita semua. Di tengah pagi yang indah ini kita mengucapkan tasbih Subhanallah atas apa yang kita jalani dan lihat begitu menakjubkan tapi tidak membuat kita lalai hingga mengucapkan tahmid alhamdulillahi robbil alamiin. Kita diberikan anak-anak yang lucu dan menggemaskan adalah nikmat yang tidak terkira, tapi anak adalah amanat terbesar orang tua agar dididik dan dijaga sesuai dengan syariatnya.

Dalam diri anak itu ada hak dan kebutuhan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah mendapat pendidikan yang baik. Dan tempat yang paling penting adalah dari rumah atau al madrasatul ula, dimana peranan orang tua adalah ujung tombak perkembangan kecerdasan si anak baik intelektual maupun spiritual. Saya memiliki 3 putri yang beda dua tahun, dan ketiganya memiliki karakter yang berbeda pula hingga mereka membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam mendidiknya.

Berikut ada beberapa tips agar perkembangan intelektual si anak terangsang dan berkembang dengan baik Sediakan waktu 10-15 menit, dua kali sehari, untuk waktu bermain yang berkualitas bersama anak. 


  • Mainkan Cilukba di balik selimut atau bersembunyi di belakang kursi dan muncul kembali.
  • Gerak-gerakkan sebuah boneka dan nyanyikan sebuah lagu hingga anak tertawa.
  • Goyang-goyanglah mainan yang dapat mengeluarkan bunyi atau tamborin, pukulah sebuah drum dan liahatlah reaksinya.
  • Tiuplah gelembung sabun tinggi-tinggi ke udara untuk menstimulasi penglihatan, genggaman, dan koordinasi mata. (Mulai pada usia 5-6 bulan). Kegiatan ini juga menyenangkan dilakukan saat ia mandi. Bangunlah dan runtuhkan balok-balok. Tumpuklah balok-balok itu lagi (mulai dengan tiga balok saat anak berusia 6-9 bulan) dan ajaklah anak anda untuk melakukan hal yang sama. Buatlah menara yang lebih tinggi untuk balita anda.
  • Bukalah dan tutuplah pintu di boks mainan; kemudian biarkanlah anak yang lebih besar atau balita anda untuk bereksplorasi sendiri.
  • Perkenalkan beragam jenis buku, begitu bayi anda dapat melihat dan berfokus, membalik halaman buku, menekan tombol pada buku musik, dan tak lama kemudian anak anda akan ”membaca” sendiri.
  • Jika anda siap sesekali balikan posisi badan anak kaki diangkat dan posisi kepala di bawah selama kurang lebih 10 detik, ini juga untuk merangsang kinerja motorik anak dan berimbas pada perkembangan IQ si anak.
Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua.

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, jika anda suka silahkan bagikan ke teman anda baik di FB, Twitter ataupun G+ dan media sosial lainnya.